NASA Temukan Garis Misterius di Cekungan Mars, Seperti Apa?

Print More
nasa temukan garis misterius di cekungan mars seperti apa xXtd8RWF5O - NASA Temukan Garis Misterius di Cekungan Mars, Seperti Apa?

JAKARTA, 2.200 kilometer di diameter Hellas Planitia di Mars dikenal sebagai salah satu dampak cekungan yang terlihat dan terbesar di tata surya. NASA kini merilis sebuah gambar yang menunjukkan jejak makhluk misterius di bagian tumpukan pasir dalam cekungan itu.

Gambar NASA itu juga menjelaskan fenomena dibalik formasi yang aneh dari cekungan tersebut.

Dalam gambar itu, ada goresan yang tampak panjang sepanjang lereng yang membuatnya terlihat seperti bukit pasir yang telah dicakar. Pada pengamatan yang lebih dekat, tanda itu tampak memiliki goresan kecil di sepanjang garis, dan NASA menyebutnya sebagai "parit linier”.

Layaknya Bumi, dijelaskan NASa bahwa Mars juga memiliki musim dingin yang membeku di lintang yang lebih tinggi. Namun beku di Mars itu tidak terbuat dari air, melainkan karbon dioksida. Es beku di Mars secara harfiah merupakan lembaran es kering.

Parit itu terbentuk sebagai hasil dari potongan es besar yang putus dan meluncur di lereng saat musim dingin berakhir dan iklim menjadi hangat.

Karbon dioksida menyublimkan ke dalam gasnya, dan saat berguling menuruni lereng, ia mengukir debu dan menguap pada saat bersamaan, meninggalkan goresan di bukit pasir. Blok es yang meluncur menuruni lereng sepanjang tahun di sepanjang jalan yang sama kemungkinan telah menciptakan pola di bukit pasir.

Kepadatan yang berbeda dari balok es dan berbagai jenis pasir di sepanjang permukaan dengan kekerasan dan hambatan aliran yang berbeda kemungkinan bisa memberi kontribusi pada apa yang disebut NASA sebagai "sinuositas yang luar biasa", yakni pola melengkung yang tampak.

Gambar-gambar fenomena itu ditangkap oleh Mars Reconnaisance Orbiter (MRO) dengan menggunakan High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE), dan kamera on-board yang dioperasikan oleh The University of Arizona, Tucson. Demikian seperti dilansir IB Times, Jumat (27/10/2017). (lnm). techno.okezone.com

Leave a Reply