Ridwan Kamil: Sektor Peternakan adalah Program Prioritas pasangan RINDU

Print More
Ridwan Kamil - Ridwan Kamil: Sektor Peternakan adalah Program Prioritas pasangan RINDU

Kawali, 03 April 2018 - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Ridwan Kamil, hari ini bersilaturahmi dengan Paguyuban Peternak Ayam Petelur Ciamis (P2APC) di Desa Cigembot, Muktisari Kab. Ciamis.

Dalam kesempatan silaturahmi ini, Ridwan Kamil mengaku ingin belajar terkait sektor peternakan, khususnya peternakan ayam petelur yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Saat bertatap muka dengan Ridwan Kamil, Ketua P2APC H. Kusnadi, menuturkan, saat ini paguyuban memiliki 360 anggota yang mengelola usaha ayam petelur dari yang skala terkecil 500 ekor, hingga yang terbanyak 150 ribu ekor.

Populasi ayam petelur di Kab. Ciamis saat ini, menurut Kusnadi adalah sebanyak 1.5 juta ekor yang menghasilkan telur hingga rata-rata 40-50 ton perhari, dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 1.200 orang.

Dijelaskan Kusnadi, Telur produksi P2APC saat ini didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kab. Ciamis dan sebagian wilayah Priangan Timur, "Itupun, belum sepenuhnya bisa kami penuhi. Pasokan telur produksi Kab. Ciamis masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasar di Jawa Barat," ungkap Kusnadi.

Kepada Cagub Ridwan Kamil, Kusnadi menyampaikan beberapa kendala dalam pengembangan usaha ayam petelur di Kab. Ciamis "Kendala utama adalah infrastruktur jalan, terutama karena jalan di sekitar lokasi peternakan ayam banyak yang rusak," ungkapnya.

Rusaknya infrastruktur jalan, menurut Kusnadi akan menyebabkan telur banyak yang pecah saat dikirim dari peternakan ke pasar, "Jika dari 100 kg telur, jumlah yang pecah mencapai 1 kg, dapat dihitung besarnya kerugian yang diderita peternak akibat infrastruktur jalan yang rusak tadi," jelasnya.

Kusnadi juga mengeluhkan kurangnya perhatian dari Pemerintah Kab. Ciamis dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap usaha peternakan ayam peternakan ayam petelur, "Kami ini seolah-olah didiamkan. Selama saya menjadi ketua paguyuban, kami belum pernah mendapat bantuan, padahal kami ini sudah berkontribusi dalam pembangunan dari sisi pemenuhan gizi masyarakat melalui usaha ayam petelur" tegasnya.

Menanggapi permasalahan yang dihadapi 2APC, Ridwan Kamil menegaskan bahwa upayanya maju sebagai gubernur adalah untuk membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan masyarakat. "Saya datang untuk belajar, sehingga saat kekuasaan itu datang, dapat saya gunakan untuk menolong dan membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat" tegasnya.

Ditambahkan Ridwan Kamil, pasangan RINDU telah menyiapkan beberapa program di sektor peternakan, karena sektor peternakan adalah salah satu sektor strategis yang merupakan salah satu bagian dari visi Jabar Juara Lahir Batin. "Insya Allah, pasangan RINDU akan memastikan, usaha produksi ayam petelur menjadi prioritas sebagai salah satu visi mewujudkan peternakan Juara," pungkasnya. (*) PTLK | Andik ST

Leave a Reply