Ijazah Diniyah Syarat Wajib Masuk SMP, Tapi Masih Minim Yang Ikutan Diniyah

Print More
Ijazah Diniyah Syarat Wajib Masuk SMP Tapi Masih Minim Yang Ikutan Diniyah - Ijazah Diniyah Syarat Wajib Masuk SMP, Tapi Masih Minim Yang Ikutan Diniyah

IMBANAGARA. Pjs Bupati Ciamis Ir. Dedy Mulyadi tinjau langsung jalannya ujian Diniyah Takmiliyah Awaliyah yang dilaksanakan di SDN 5 Imbanagara raya Kecamatan Ciamis, (Senin, 9/4/ 2018).

Ujian Pendidikan Diniyah atau pendidikan keagamaan Islam ada 7 mata pelajaran yang diberikan diantaranya pengajaran bacaan, tulisan, hafalan dan pemahaman Al-Qur’an, ujian ini sebagai salah satu syarat wajib bagi lulusan dari sekolah dasar untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, hal ini di atur oleh peraturan Bupati No 35a tahun 2015 tentang pendidikan diniyah.

Bupati yang didampingi Asda II bidang Kesbangkesra WASDI meninjau pelaksanaan ujian Diniyah di 3 tempat diantaranya di SDN 5 Imbanagara kecamatan Ciamis , di MI Cimari dan MI Panaragan di Kecamatan Cikoneng, dari 3 titik tersebut terlihat masih minimnya anak atau siswa siswi yang mengikuti pendidikan diniyah. Menurut Dedy aplikasi perbup no 35a tahun 2015, ini harus di tinjau kembali, pasalnya masih banyak yang harus di tingkatkan, baik kesadaran masyarakatnya, pendidknya maupun anggarannya, ini harus duduk bersama dari pemerintah dalam hal ini Disdik kemenag maupun FKDT, agar kedepan dalam menjalankan peraturan bupati tersebut tidak setengah setengah. Ujarnya.

Ijazah Diniyah Syarat Wajib Masuk SMP Tapi Masih Minim Yang Ikutan Diniyah2 1170x658 - Ijazah Diniyah Syarat Wajib Masuk SMP, Tapi Masih Minim Yang Ikutan DiniyahSementara Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah ( FKDT ) Kabupaten Ciamis ABDUK WAHAF, mengatakan pelaksanaan perbup tentang pendidikan Diniyah ini baru 40 %, ini baru sosialisasi dan belum semuanya, ini tergendala dari tidak semua siswa sekolah dasar dan MI kelas enam tidak masuk diniyah, ini yang menjadi gendala kami, dan kami pun memahami, dengan kepadatan kegiatan sekolah, apalagi wajib belajar Sembilan tahun.

“ di dua tahun ini kami dari FKDT terus mensosialisasikan perbup belum pelaksanaan 100% “ kata Wahaf.

Minimnya peserta ujian diniyah dari Sekolah Dasar juga di akui oleh KOMAR ISMAIL Kepala Seksi pendidikan Agama Islam, dari kementrian Agama kantor kabupaten Ciamis, untuk itu pihaknya akan menkordinasikan dengan Dinas pendidikan kabupaten Ciamis, pasalnya selama ini yang anak bersekolah di sekolah dasar belum ada penguatan untuk ikut menempuh pendidikan di diniyah , berbeda dengan yang bersekolah di MI, mereka setiap hari sudah di kasih pelajaran agama yang lebih.

“ bila Kedepan peraturan Bupati ini akan 100% di laksanakan, harus semua pihak baik orang tua siswa maupun dari pemerintah harus siap “ oleh karena itu dalam waktu dekat ini kami akan duduk bersama membahas gendala gendala yang di hadapi. Pungkas nya (Pitaloka/ANDIK ST)

Leave a Reply