Pembangunan Sumber Daya Manusia Generasi Milenial Memperkuat Pondasi Kebangkitan Bangsa

Print More
Pembangunan Sumber Daya Manusia Generasi Milenial Memperkuat Pondasi Kebangkitan Bangsa - Pembangunan Sumber Daya Manusia Generasi Milenial Memperkuat Pondasi Kebangkitan Bangsa

ALUN-ALUN, Pemerintah Kabupaten Ciamis menyelenggarakan upacara serangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018 di Alun-alun Ciamis,Upacara bendera dihadiri oleh Pjs Bupati Ciamis Dedy Mulyadi, selaku pembina upacara, Hadir pula Setda Ciamis Asep Sudarman, Dandim 0613 Letkol ARM Reza Nur Fatria, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, dan jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis, TNI Polri serta para siswa/siswi di Lingkungan Kabupaten Ciamis.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat untuk mengembangkan diri, merebut setiap peluang dalam meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak baik pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Hal tersebut di sampaikan Pjs Bupati Ciamis dalam Pidatonya.

"Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital, tema yang diambil dalam peringatan Hari kebangkitan kali ini, dan diamanatkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada butir ke-5 dari Nawacita, dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dilakukan melalui peningkatakn kualitas pendidikan dan pelatihan. Hal tersebut berimbas pada meningkatkanya perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sebagainya," ujarnya.

peningkatan Sumber Daya Alam (SDA) merupakan sumber daya yang terbatas, sedangkan Sumber Daya Manusia (SDM) terfasilitasi dengan kapasitas serta kapabilitas yang sangat luas untuk dikembangkan.Terlebih pada era sekarang sudah bukan saatnya untuk terdiam. Era sekarang ini menjadi momentum yang menuntut kita untuk tidak buang-buang waktu dan energi dengan fokus pada pengembangan, Filosofi sapu lidi, harus dimaknai dengan bijak untuk saling merangkul. tambahnya

dengan memahami makna kebangkitan Nasional dengan benar, agar tidak sampai ikatan sapu lidi tersebut tercerai berai karena hal-hal provokasi. Terlebih, keberadaan bonus demografi menyuguhkan keuntungan dan menjadi masa keemasan Bangsa Indonesia.Keuntungan bonus demografi ini harus dimanfaatkan dengan produktif.

Generasi milenial yang terpapar oleh masifnya perkembangan teknologi informasi menjadi peluang sekaligus ancaman. Maka dari itu, SDM harus mampu menjadikan hal tersebut sebagai acuan agar perkembangan teknologi di era digitalisasi dapat mendatangkan manfaat. Persatuan dalam memecahkan masalah sangat diperlukan, demikian juga dalam konteks menghadapi era digitalisasi, maka semua harus berada dalam irama yang sama untuk mendapatkan kebermanfaatan menuju pembangunan ke arah yang lebih baik.

“Pengetahuan dan keterampilan harus seimbang, mengkhusus untuk generasi muda yang akan membawa kejayaan bangsa kedepannya, mari maknai peringatan ini sebagai acuan dalam merefleksikan diri,’’ kata dedy

Ciamis memang sedang menjadikan pembangunan kualitas SDM sebagai fokus utama, selain pembangunan infrastruktur. Hal tersebut dilakukan karena Pemkab Ciamis sadar betul bahwa Sumber Daya Manusia yang berkualitas sangat menentukan percepatan pembangunan.

Leave a Reply