Ciamis, Harga Cabe Merah Melonjak Capai Tiga Lipat

Print More
20181008 083345 - Ciamis, Harga Cabe Merah Melonjak Capai Tiga Lipat

Cabe di Pasar Manis Ciamis

Ciamis Pitalokafm.com – Harga Cabe di Pasar Tradisional terus melonjak, kenaikan harga komuditas  tersebut. Khusunya cabai merah lokal yang kini menembus kisaran Rp. 70.000,- per kilogram. Dampak kenaikan harga cabe tersebut sangat di rasakan para pedagang sayur mayor di Pasar Manis Ciamis.

Acep Saefudin salah satu pedagang di Blok A, membenarkan adanya kenaikan harga di cabe merah lokal. Sudah hampir sepekan ini harga cabe meroket tiga kali lipat, di kisaran Rp. 70.000,- per kilogram. Hal ini menjadi para pelanggannya selain mengurangi belanjaan juga pelanggan kabur memilih dan mencari harga yang lebih murah.

“kami mengalami kerugian sekitar 40-50% dengan kenaikan harga cabe ini,  yang biasanya setiap hari sedikitnya 70 kilogram terjual, sekarang ga bisa. Bahkan biasanya kami setiap hari men-stock barang dagangan, sekarang sampai 3 hari baru habis.” Acep (senin 8/10/18).

Dia menambahkan, factor kenaikan kurangnya barang dari petaninya, ini di duga karena kekeringan yang melanda petani cabe, produksinya menurun sementara permintaan banyak. Tambahnya

Hal sama juga di katakan Yoyo (45), pedagang di blok  A yang sama kenaikan harga cabe merah lokal ini, membuat perekonomian di pasar ini tidak normal. “ kami berharap pemerintah dapat turun tangan dalam mengatasi hal ini”.

daging ayam 1170x799 - Ciamis, Harga Cabe Merah Melonjak Capai Tiga Lipat

daging ayam di kios pak Ajis Pasar Manis Ciamis blok E

Selain Cabe Merah kenaikan juga terjadi pada sayuran khususnya koll, sementara untuk harga daging Ayam di kisaran Rp. 40.000,- ini naik dari harga seminggu sebelumnya di kisaran Rp. 38.000,-.

Ajis  pedagang daging Ayam di blok E mengungkapkan sudah sejak dua minggu ini harga daging tidak menentu, kadang turun kadang naik, walaupun tidak besar kenaikannya ini juga mempengaruhi terhadap para pelanggan, ini menjadi pertanyaan pelanggan.

“ untuk harga, kami sebagai pedagang hanya dapat mematok harga sesuai harga beli dari Bandar atau pemasok, kalua dari pemasok murah ya kita jual murah, ga bisa kita jual mahal karena pembeli sekarang sudah tau dan pintar, mana yang murah dan mahal”. Ujarnya.

20181008 083339 1170x658 - Ciamis, Harga Cabe Merah Melonjak Capai Tiga Lipat

harga cabe terus naik

Sementara, dari pantauan harga barang kebutuhan pokok masyarakat Dinas Koperasi, UKM Dan Perdagangan, tercatat pada 1 oktober 2018, untuk harga cabe merah lokal di pasar manis Ciamis, dan Sindangkasi di kisaran Rp. 45.000,-  perkilogram, dan untuk di Pasar Banjarsari serta Pasar Kawali di kisaran Rp. 40.000,- per kilogram. Daging ayam di Pasar Manis Ciamis  dikisaran Rp. 38.000,- per kilogram di Pasar Sindangkasih dan Kawali di kisaran Rp. 35.000,- per kilogram dan  Pasar Banjarsari Rp. 29.000,- per kilogram.( andik st).

Leave a Reply