Dua rumah ambruk, Satu keluarga nyaris terbawa longsor

Print More
WhatsApp Image 2018 11 28 at 08.55.09 - Dua rumah ambruk, Satu keluarga nyaris terbawa longsor

dua rumah terbawa longsor

Kota Tasikmalaya, Radiopitalokafm.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya sejak selasa sore, membuat sungai Cinehel banjir hingga membuat benteng yang ada dipinggir sungai ambruk. akibatnya dua rumah terbawa longsor, beruntung penghuni rumah segera menyelamatkan diri.

Dua rumah milik bapak Udin dan Dedi Suhana, warga Panyingkiran kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya ambruk setelah benteng belakang rumah yang berbatasan dengan sungai Cinehel tersebut ambruk terbawa banjir.

Menurut Dedi pemilik rumah yang ambruk, kejadian ini bermula saat hujan besar sejak kemarin sore, dan sungai Cinehel banjir, “ pada saat menjelang subuh, terdengar suara gemuruh dan retakan dari rumah, saya bersama anak dan istri langsung lari keluar rumah, dan saya melihat ternyata dapur dan kamar tidur anak ambruk terbawa banjir, meskipun harta benda tidak bisa diselamatkan, yang penting saya dan keluarga selamat”. Rabu (28/11/2018).

Tambah Dedi, Tidak berselang lama, rumah Udin yanag baru selesai dibangun dan akan dihuni pada jumat mendatang, keburu ambruk rata dengan tanah. Tidak ada yang tersisa sedikit pun, bahkan atap rumah ikut terbawa longsor dan hanyut terbawa banjir.

Khawatir terjadi longsor susulan korban bencana Ambruknya rumah di Desa Panyingkiran Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, terpaksa mengungsi kerumah saudara terdekat.

WhatsApp Image 2018 11 28 at 08.55.06 336x189 - Dua rumah ambruk, Satu keluarga nyaris terbawa longsorBanjir yang menyebabkan tembok penahan tanah (TPT) longsor dan menyebabkan dua rumah ambruk, menyisakan kekhawatiran pada masyarakat disekitar lokasi, karena hujan yang masih mengguyur sehingga takut jika banjir makin besar dan longsor semakin melebar. Tercatat ada 10 rumah disekitar lokasi yang terancam longsor susulan.

Warga pun berharap pemerintah turun tangan dan membantu agar tidak sampai terjadi lagi longsor susulan. pasalnya menurut Wina warga setempat, dirinya khawatir jika longsor melebar dan di kawatirkan rumah terbawa apalagi saat ini masih turun hujan terus.

“saya harus mengunsi kemana , ini rumah satu-satunya , kami  pun telah menyaipkan diri, jika sewaktu-waktu terjadi bencana maka mereka segera selamatkan diri.

WhatsApp Image 2018 11 28 at 08.55.04 336x189 - Dua rumah ambruk, Satu keluarga nyaris terbawa longsorSementara, Banyaknya warga masyarakat yang ingin tahu lokasi kejadian Longsor dan ambruknya rumah di bantaran sungai Cinehel tersebut, Polres Tasikmalaya Kota pasang garis polisi, agar tidak sampai memakan korban jiwa dilokasi kejadian.

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Febry Ma’ruf  menghimbau  warga untuk waspada dan terjunkan anggota untuk bantu korban. Selain memasang garis polisi,  pihaknya membantu korban mwngevakuasi barang-barang, mereka juga memberikan bantuan sembako bagi korban longsor, seperti beras, telor dan mie instan. ( Andik ST ).

Leave a Reply