KENDALIKAN INFLASI JELANG RAMADHAN, TPID KOTA TASIKMALAYA GANDENG ULAMA

Print More
BI 01 - KENDALIKAN  INFLASI JELANG RAMADHAN, TPID KOTA TASIKMALAYA GANDENG ULAMA

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji. memberikan pengarahan terkait Inflasi

KOTA TASIKMALYA, radiopitalokafm.com – lebih dari 3000 Jamaah dari berbagai Perwakilan dewan kemakmuran Masjid  ( DKM ) dan Perwakilan Pondok pesantren berkumpul di Majid Agung Kota Tasikmalaya, dalam acara sulahturahmi  dan Lunching kerjasama dalam menekan inflasi menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, Rabu,  1 Mei 2019.

Trobosan yang gagas Bank Indonesia dan Tim Pengedalian Inflasi Daerah ( TPID ) Kota Tasikmalaya ini,  adalah kerjasam dengan Para Ulama dalam menekan Inflasi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H.

Sebagai Narasumber Ketua Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM ) Masjid Agung KH. Aminudin, M.Ag.  dan Wakil Ketua TPID Kota Tasikmalaya yang juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji.

BI 03 - KENDALIKAN  INFLASI JELANG RAMADHAN, TPID KOTA TASIKMALAYA GANDENG ULAMA

Menurut Heru, Secara Periodik TPID Kota Tasikmalaya melakukan pemantau tehadap kondisi pasokan/stok komoditi bahan pangan. Selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri masih aman, dan mencukupi kebutuhan masyarakat .

“perkembangan inflasi juga dipengaruhi oleh supply dan demand sehingga apabila terjadi lonjakan permintaan masyarakat ini akan berpotensi meningkatnya tekanan inflasi “ ujarnya

Sementara kebiasaan belanja masyarakat saat di Ramadhan yang cendrung berlebihan, ini berdampak kurang baik yang dapat menyebabkan kenaikan harga terutama bahan pokok. untuk menjaga kesetabilan harga , harus dengan menghimbau masyarakat untuk belanja dengan bijak dan melakukan diversifikasi pola konsumsi. tambahnya

Dalam upaya mengendalikan hal tersebut perlunya peran serta semua kalangan, termasuk para ulama, pasalnya kesetabilan harga tidak hanya ditentukan oleh kesediaan barang saja, namun juga berbagai faktor diantaranya aturan /regulasi, tingkat prduksi, distribusi, bahkan juga persepsi masyarakat.

BI 02 - KENDALIKAN  INFLASI JELANG RAMADHAN, TPID KOTA TASIKMALAYA GANDENG ULAMA

“ oleh sebab itu, peran ulama sangat strategis karena dapat mempengaruhi persepsi maupun ekspektasi masyarkat, khusunya terkait pola konsumsiyang tidak berlebihan serta terdiversifikasi sehingga dapat tercipta kesetabilan harga”. Harapnya

Pada kegiatan tersebut di sepakati para ulama mendukung upaya pengendalikan harga dan pola konsumsi, dengan mensisipkan himbauan dalam ceramahnya, khutbah, maupun dalam pengajian pengajian. (andik ST).

Leave a Reply