TES URINE AWAK BUS, UNTUK BERI RASA AMAN PEMUDIK.

Print More
tes urine awak bus diterminal ciamis - TES URINE AWAK BUS, UNTUK BERI RASA AMAN PEMUDIK.

Kapolres Ciamis dan Kepala BNN ciamis saat tes urine awak bus

Terminal Ciamis, radiopitalokafm.com – Berikan rasa nyaman saat mudik mengunakan angkutan umum,  Jajaran Polres Ciamis bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis serta Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis mengelar Tes Urine bagi awak kendaraan angkutan penumpang umum mudik Lebaran 2019.

Operasi gabungan dalam rangka menantisipasi Keselamatan Berkendara menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H sekaligus rangkaian operasi Ketupat Lodaya 2019, di laksanakan di terminal ciamis, Rabu 29/5/ 2019.

Kegiatan Tes Urine bagi awak kendaraan angkutan penumpang umum mudik Lebaran 2019 dan pemeriksaan kendaraan umum. sebanyak 30 orang yang terdiri dari  sopir dan sopir cadangan diambil urinenya untuk diperiksa oleh petugas guna memastikan apakah mengkonsumsi narkoba atau tidak.

Kapolres Ciamis  AKBP Bismo Teguh Prakoso, S.H.,S.IK.,M.H., mengatakan Kegiatan ini merupakan sinergitas antara Polres Ciamis, BNNK Ciamis, Dishub Kabupaten Ciamis Denpom TNI, UPTD Terminal Ciamis dan instansi terkait lainnya.

“ini rangkaian Operasi Ketupat Lodaya 2019, pemeriksaan kepada kendaraan penumpang sudah dilakukan kepada jenis Elf, Bus kecil dan Bus besar dilakukan pengecekan mulai dari kelaikan kendaraan dan surat-surat kelengkapan kendaraan.” Jelas Bismo.

TES URINE - TES URINE AWAK BUS, UNTUK BERI RASA AMAN PEMUDIK.Sasaran pelanggaran diantaranya tidak memiliki STNK aslinya, STNK yang dibawa hanya menggunakan fotocopy, terus ada yang memiliki trayek tapi tidak sesuai dengan jalur yang tertera pada bis tersebut.

Ada pula trayek yang sudah kadaluarsa atau tidak berlaku lagi, ada pula yang menggunakan ban vulkanisir di bagian depan sehingga tidak layak jalan dan mobil tersebut tidak layak beroperasi hingga harus diganti dengan mobil yang lainnya untuk memberikan keselamatan kenyamanan terhadap penumpang.

Keselamatan masyarakat ini kita harus utamakan, sudah seharusnya kendaraan itu laik jalan, pengemudinya pun harus bebas dari pengaruh narkoba serta semua harus mematuhi aturan yang ada.

Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang dan masyarakat umum lainnya, ada sanksi yang akan diberikan kepada PO kendaraan tersebut apabila melakukan kesalahan yang berulang-ulang, pungkas Bismo

Sementara Kepala BNNK Ciamis AKBP. Yaya Satyanagara, S.H., menyampaikan bahwa menghadapai Hari Raya Idul Fitri 1440 H Kita melakukan kegiatan untuk mengantisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan khususnya untuk transportasi darat, tujuan diadakan kegiatan tes urine serta pemeriksaan kesehatan ini yang paling utama yaitu memberikan rasa aman kepada penumpang

TES URINE 01 - TES URINE AWAK BUS, UNTUK BERI RASA AMAN PEMUDIK.Tambah Yaya, pemeriksaan urine kepada pengemudi, penyuluh BNNK Ciamis  masuk ke dalam bis untuk memberikan penjelasan kepada penumpang terkait pelaksanaan tes urine ini, serta memberikan informasi tentang bahaya narkoba sehingga diharapkan dalam kegiatan ini para penumpang mendapatkan informasi yang bermanfaat khususnya tentang bahaya narkoba apabila disalahgunakan selain itu juga penumpang diberikan leaflet tentang informasi bahaya narkoba.

Kami berharap mudah-mudahan hasil tes urine ini menunjukan tidak ada sopir yang menggunakan narkoba. Sehingga masyarakat yang menggunakan jasa angkutan umum yang akan mudik ke kampung halamannya dapat sampai ke tempat tujuannya dengan selamat, ujar  Yaya.

Dari hasil pemeriksaan Urine semua pengemudi dinyatakan negatif  tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba, pungkas Yaya

Edy Yulianto, A.TD., MM Sekertaris Dinas Perhubungan Ciamis, mengatakan kami bertugas berkaitan dengan kelaikan kendaraan dan administrasi kendaraan, dari hasil tadi ditemui ada pelanggaran seperti penggunaan ban vulkanisir luka seperti itu kami tidak merekomendasikan untuk melanjutkan perjalanan kami sampaikan kepada pengurusnya tentang pandangan tersebut dan untuk segera diganti dengan bahan yang sesuai dengan standarnya baru boleh melanjutkan perjalanannya imbauan juga disampaikan mengantarkan penumpang di jalan atau dipindahkan kepada kendaraan yang lain terkait pelanggaran administrasi sanksi yang diberikan berupa tilang sedangkan untuk pelanggaran terkait kelayakan kendaraan sanksinya tidak main-main yaitu tidak diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan harus segera kembali ke pool dan diperbaiki karena keselamatan adalah harga mati.(ast).

Leave a Reply