MTQ TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA DI CIGALONTANG, RESMI DIBUKA OLEH BUPATI

Print More
mtq 2019 - MTQ TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA DI CIGALONTANG, RESMI DIBUKA OLEH BUPATI

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP membuka MTQ ke 36 di Cigalontang

CIGALONTANG, Bupati Tasikmalaya membuka Ajang Bergengsi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019 di Lapangan Kecamatan Cigalontang, Kamis 04/07/2019 kemarin.

“Sebagai media pengamalan nilai-nilai Al Quran dalam pencapaian Visi Kab. Tasikmalaya yang religius islami” tema yang diambil dalam perhelatan bergengsi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019.

bupati resmikan mtq 04 - MTQ TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA DI CIGALONTANG, RESMI DIBUKA OLEH BUPATI

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP

Sebagai “Kota Santri”, Kab. Tasikmalaya sepatutnya meraih prestasi dan hasil gemilang dalam setiap penyelenggaraan event MTQ baik tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

Kegiatan MTQ ini selain bertujuan sebagai seleksi terhadap calon duta-duta MTQ Kab. Tasikmalaya yang berkualitas untuk mengikuti MTQ XXXVI tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020 juga untuk memotivasi masyarakat untuk gemar membaca Al Quran dan sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

bupati resmikan mtq 03 - MTQ TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA DI CIGALONTANG, RESMI DIBUKA OLEH BUPATI

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP menyampaikan Penyelenggaraan Musabaqah tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguh syiar islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur outcome kegiatan pembelajaran Al Quran yang berlangsung di masyarakat, melalui Lembaga Pendidikan keagamaan yang tersebar di Kab. Tasikmalaya atau hasil pembinaan Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran (LPTQ) selama ini.

”pentingnya eksistensi kegiatan pembelajaran Al Quran sebagai ajang pengkaderan demi mendapat Qori dan Qori’ah yang unggul dan berprestasi “ kata Ade

Masih Ade, Apabila daerah mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al Quran di lingkungan masing-masing berarti daerah tersebut dapat melakukan pengkaderan Qori dan Qori’ah yang berprestasi secara mandiri sehingga dapat mengirimkan Qori dan Qori’ah yang baru pada setiap penyelenggaraan Musbaqah.

“nilai nilai yang terkandung dalam Al Quran seyogyanya dapat tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. “ujarnya

bupati resmikan mtq 05 - MTQ TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA DI CIGALONTANG, RESMI DIBUKA OLEH BUPATI

Ade menambahkan, nilai-nilai Al Quran sebagai pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan melalui proses Pendidikan baik formal maupun informal, dan yang terpenting adalah keteladanan para orang tua terhadap anak-anaknya, keteladanan guru di sekolah, dan keteladanan para pemimpin yang memberi pengaruh kepada masyarakat baik melalui kebijakan-kebijakan yang dibuatnya maupun perilaku kepemimpinan yang seringkali menjadi tolak ukur moral masyarakat.

Para stakeholders Lembaga keagamaan untuk adaptif terhadap permasalahan aktual di tengah masyarakat. “Kami mengimbau kepada para ulama, guru, pimpinan lembaga keagamaan, marilah kita maju bersama-sama meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran islam di tengah masyarakat. Para ulama dan pendidik yang menekuni Pendidikan dan pengembangan Al Quran kita harapkan selalu mencermati permasalahan aktual yang terjadi di dalam kehidupan umat dan masyarakat dewasa ini serta turut memberikan solusinya,” pungkasnya.

Leave a Reply