KOTA BANJAR CANANGKAN KALI CIROAS BERSIH, DI HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA

Print More
HARI LH 02 - KOTA BANJAR CANANGKAN KALI CIROAS BERSIH, DI HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA

Taman Kota Banjar, Radiopitalokafm.com – Walikota Banjar membuka secara resmi Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Tingkat Kota Banjar Tahun 2019, yang dilaksanakan di Taman Kota Banjar, (27/08/20190.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar itu,  diberitema Biru Langitku Hijau Bumiku, dihadiri beberapa unsur Forkopimda diantaranya Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana Sik, Danyon 323 Raider/Buaya Putih Mayor Inftri Apriandi Bayu Laksono, Dandim 0613 Ciamis yang diwakli Pabung, Kajari Banjar.

Walikota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih M.Si  mengutip sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO), sebanyak tujuh juta orang meninggal karena polusi udara setiap tahunnya dan upaya untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.

HARI LH 01 1 - KOTA BANJAR CANANGKAN KALI CIROAS BERSIH, DI HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA

 

Ade mencontohkan,  “dengan kita memperbanyak taman kota, membangun trotoar untuk pejalan kaki dan membangun jalur bersepeda. Upaya-upaya tersebut mampu mengurangi polusi dari kendaraan bermotor."

Selain upaya tersebut,  Ade  menyatakan bahwa pemerintah juga telah mendorong upaya lainnya untuk menekan polusi udara seperti penerapan penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dengan bahan bakar setara standar EURO 4.

"Kita juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program penanaman 25 tahun seumur hidup dalam rangka menjaga kualitas udara, air, tanah dan ekosistem di bumi," ujar Ade.

Ade Menambahkan, bahwa saat ini polusi udara menjadi permasalahan di dunia untuk itu perlu diimbangi dengan menanam pohon untuk bisa menambah kapasitas reduksi polusi udara

"Kami berharap kedepan ada sinergitas, terutama orang tua dan guru-guru serta stakeholder termasuk penggiat lingkungan agar mendidik anak sejak dini tentang pentingnya kebersihan sehingga permasalahan sampah ini bisa sama-sama kita tangani dengan baik dan bisa dituntaskan" harapnya

Tema “Biru Langitku Hijau Bumiku” berfilosofi ada semangat mewujudkan udara menjadi lebih bersih dan langit terlihat lebih biru. Begitu juga dengan Bumi Indonesia ini, semakin hijau dan gerakan penanaman semakin digencarkan dalam rangka membantu mengurangi polusi udara, selain  itu juga adanya pelepasan balon sebagai simbolis  pencanangan "Kali Ciroas Bersih".

HARI LH 03 - KOTA BANJAR CANANGKAN KALI CIROAS BERSIH, DI HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA

 

Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana,SIK didampingi NY Indah Yulian saat meninjau stand mengatakan bahwa peringatan hari lingkungan hidup sedunia sangat penting bagi para generasi muda khususnya para pelajar dimana para pelajar di didik untuk ramah terhadap lingkungan

"Apalagi kostum dikenakan para peserta merupakan hasil dari daur ulang sampah dengan begitu memberikan semangat agar sampah-sampah tas atau plastik tidak dibuang percuma ataupun dibakar sehingga bisa didaur ulang"ujarnya ( andik st).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *