BANK INDONESIA TERUS TINGKATKAN SINERGI DENGAN PELAKU USAHA UNTUK PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI

Print More
bank bi 1170x658 - BANK INDONESIA TERUS TINGKATKAN SINERGI DENGAN PELAKU USAHA UNTUK PENGUMPULAN  DATA DAN INFORMASI

Tasikmalaya, radiopitalokafm.com -- Dalam rangka pengumpulan data dan informasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya secara rutin melakukan berbagai survei kepada pelaku usaha di Priangan Timur.

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya Sepanjang tahun 2019, telah melakukan 7 jenis survei rutin, yaitu Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Pasar Tradisional, PIHPS Pedagang Besar, PIHPS Produsen, Survei Pemantauan Harga (SPH), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Konsumen (SK), dan Liaison.

Informasi dan data dari hasil survei tersebut digunakan oleh Bank Indonesia sebagai salah satu dasar penyusunan kajian analisa perkembangan harga/inflasi dan perkembangan perekonomian/PDRB.

Kajian tersebut selanjutnya diolah menjadi salah satu bahan dalam Rapat Evaluasi Ekonomi dan Keuangan Daerah di kantor pusat untuk penentuan kebijakan moneter, seperti penetapan suku bunga acuan BI 7 Days Reverese Repo Rate yang saat ini beradal pada level 5,25%

Sebagai bentuk apresiasi kepada para responden yang telah membantu menyampaikan informasi secara rutin, sejak tahun 2016 Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Temu Responden pada akhir tahun.

Tahun ini, kegiatan Temu Responden dilaksanakan dengan konsep yang berbeda, yakni gathering outdoor di Kampung Hawu, Taman Wisata Karang Resik, Kota Tasikmalaya. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2019 tersebut dihadiri oleh sekitar 175 orang responden yang mencakup pedagang pasar, pemilik toko, serta jajaran managerial dari perusahaan nasional maupun BUMN.

bank bi 01 1170x652 - BANK INDONESIA TERUS TINGKATKAN SINERGI DENGAN PELAKU USAHA UNTUK PENGUMPULAN  DATA DAN INFORMASI

Kegiatan gathering diisi dengan berbabagi permainan tradisional Sunda dengan tujuan untuk menghibur namun tetap mengandung nilai-nilai pembelajaran seperti team work, kesabaran, kejujuran, dan keberanian mengambil risiko.

Asisten Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalayaa, Eman Patria, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para responden. Akurasi data dan informasi kondisi di lapangan yang disampaikan penting sebagai input bagi penyusunan analisa.

Salah satu contohnya adalah dengan adanya informasi cepat mengenai perkembangan harga secara harian, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya bersama TPID dapat segera berkoordinasi dalam upaya pengendalian inflasi, sehingga inflasi Kota Tasikmalaya per September 2019 dapat terjaga pada angka 1,96% (yoy), lebih rendah dibandingkan akhir tahun 2018 yang sebesar 2,30% (yoy).

Pada kegiatan tersebut Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya juga memberikan penghargaan kepada 5 orang responden terbaik dari masing-masing survei, yaitu Ibu Iis pedagang di Pasar Pancasila, Ibu Lilis pedagang di Pasar Cikurubuk, Bapak Nunu dari Kelompok Tani Tunas Jaya, Bapak Fauzan dari Sanggar Telur, dan Ibu Windha dari RS Islam Hj. Sirojam Muniroh. (ast)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *