BI RESMIKAN ONE STOP SHOPPING GALERI KIWARI KOTA TASIKMALAYA

Print More

Galeri Kiwari diresmikan Ketua Deranasda Kota dan Setda Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, radiopitalokafm.com — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tasikmalaya dalam mendukung produk-produk unggulan UMKM di wilayah Priangan Timur agar semakin eksis, maju dan berkembang, resmikan one stop shopping dan one stop area, Galeri Kreatif UMKM Kiwari Bank Indonesia, Senin (16/12/2019).

Ratusan produk-produk unggulan UMKM se-Priangan Timur yang sudah menembus pasar nasional dan mancanegara di sajikan di Galeri UMKM Kiwari Binaan BI Perwakilan Tasikmalaya berlokasi di Jalan Pesantren Al-Misbah 37, Kelurahan Argasari, Kecamatan Cihideung.

Heru Saptaji Kepala BI perwakilan Tasikmalaya

Heru Saptaji Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya mengatakan, pembangunan dan peresmian Galeri Kreatif UMKM Kiwari sebagai upaya BI mendorong menumbuh kembangkan industri-industri kreatif UMKM di Priangan Timur.

” Galeri Kiwari ini galeri pertama yang menjadikan one stop shopping, kami harapkan wisatawan akan dapat dengan gampang dan mudah menemukan dan mendapatkan produk kreatif unggulan yang berasal dari wilayah Priangan Timur. Ratusan produk di galeri ini sering dipamerkan di berbagai pameran dan telah menembus pasar ekspor,” jelas Heru.

Heru menambahkan Galeri dengan konsep one stop shopping dan one stop area. Dimana untuk mendapatkan produk kreatif UMKM tidak perlu ke sana ke mari, tapi dengan datang ke Galeri Kiwari, semuanya tersedia dan komplit dengan kualitas dan berstandar sangat baik. Kita jadikan Galeri ini menjadi sentra penjualan produk unggulan UMKM di Priangan Timur guna menumbuhkan simpul-simpul serta pusat perekonomian disektor perdagangan khususnya di Kota Tasikmalaya.

Dengan di resmikannya Galeri Kiwari ini sekaligus mendukung program one stop tourism yang telah dicanangkan para kepala daerah di Priangan Timur.

” Wisatawan  yang datang ke Tasikmalaya, selain dapat menikmati alam dan destinasi wisata lainya, mereka pun dengan gampang mendapatkan oleh-oleh atau produk-produk UMKM yang menjadi unggulan dan khas Priangan Timur,” pungkasnya.

Sementara Sekertaris Daerah Kota Tasikmaya Ivan Dicksan, dengan diresmikan Galeri Kiwari  UMKM Kreatif Bank Indonesia rumah kayu bordir dan fashion, menurutnya, Kota Tasikmalaya sebagai Kota Industri Kreatif, meskipun masih tersebar di beberapa wilayah, dengan adanya galeri Kiwari ini akan menjadi suatu sentral produk produk unggulan Kota Tasikmalaya,

Ivan Dicksan Setda Kota Tasikmalaya

“ galeri ini sebagai solusi, dikala para wisatawan kesulitan mencari produk produk Kota Tasikmalaya, yang masih tersebir di beberapa wilayah, dengan di resmikan nya galeri ini, akan memudahkan para wisatawan mendapatkan produk unggulan Kota Tasikmalaya”. Jelasnya

Epi Siti Mudrikah pelaku UMKM, mengatakan, Galeri Kiwari sangat membantu para pelaku untuk mengembangkan produk-produk unggulan masing-masing. Pasalnya, menjadi sentra pelaku UMKM untuk memasarkan sekaligus mempromosikan produk-produk kreatifnya yang bisa langsung diakses masyarakat dari berbagai kalangan.

” Di Galeri ini tersedia berbagai produk unggulan fashion. Seperti, sepatu, tas, baju termasuk kelom dan payung geulis. Juga tersedia berbagai jenis cemilan, Kuliner dan minuman khas Priangan Timur,” jelas Epi.

Epi menambahkan, tak hanya menyediakan produk-produk UMKM, namun disediakan juga ruangan workshop bagi pelaku UMKM untuk belajar dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

Epi Siti Mudrikah pelaku UMKM menyerahkan Kenang kenangan kepada kepala BI Tasikmalaya

” Tak hanya dapat ilmu menjual produk di sini juga diajarkan ilmu tentang pengelolaan. Saya bisa keliling Indonesia untuk menyebarkan ilmu ke para pelaku UMKM di berbagai daerah berkat pelatihan dan workshop yang diajarkan BI,” ucapnya.

Berbisnis produk UMKM sangat menjanjikan. Saat pameran di Jakarta selama tiga hari saja, mampu meraup omzet sampai Rp500 juta dari produk fashion. Belum lagi dari produk makanan dan minumannya.

” Dengan hadirnya Galeri Kiwari kamiyakin mampu mendongkrak penjualan dan pemasaran produk-produk unggulan UMKM di Priangan Timur sehingga akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat pelaku usaha,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *