Kang Uu Ajak Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Syariah Jabar

CIANJUR – Dalam kembangakan ekonomi syariah di Jawa Barat, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengajak mahasiswa untuk masuk dalam program ekonomi bernuansa religi, yang tengah di dorong oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Hal tersebut diungkapkan Kang Uu, saat menghadiri Seminar Nasional BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakencana Cianjur dengan tema ‘Harmonisasi Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital’ di Hotel Bydiel, Kab. Cianjur, Sabtu (22/2/20). “Digital ini masuk dalam visi misi kami. Yang kedua, syariah juga masuk dalam program kami, yaitu ekonomi bernuansa religi.

PEMERINTAH KOTA BANJAR DAN TNI POLRI MENJAMIN KEBEBASAN BERIBADAH SETIAP WARGANYA

Pemerintah Kota Banjar, POLRI dan TNI memiliki kewajiban menjamin kebebasan beribadah setiap warga negara Indonesia dimana pun berada dan tentunya tidak akan memihak kepada siapapun dan berpedoman kepada konstitusi. Unsur Muspika yang terdiri dari Camat, Kapolsek Pataruman serta Danramil  mengantisipasi tulisan propokasi berupa tulisan dari banner di Gereja Santo Filipus Kota Banjar, Kamis (12/12). Tulisan tersebut di anggap propokatif karena berisikan pesan melarang dan menolak adanya gereja katolik yang berdiri di lokasi tersebut, tepatnya di Jalan Buntu Kecamatan Lingkungan Jadi mulya Kecamatan Pataruman Kota Banjar Jawa Barat. Kapolsek Pataruman, Danramil 1325 Langensari dan Camat Pataruman langsung datang ke lokasi dan segera melepas spanduk bertulisan propokatif tersebut. Hal tersebut jelas melawan hukum dan konstitusi, apabila masyarakat sekitar menolak keberadaan gereja Santo Filipus agar menempuh jalur hukum yang ada dan tidak menimbulkan reaksi sosial yang mengakibatkan luka sosial

Bagi masyarakat Kota Banjar, Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana,SIK berharap jangan mudah terprovokasi dengan adanya hal tersebut.

BKSDA LEPAS LIARKAN 10 KUKANG HASIL SERAHAN MASYARAKAT

GUNUNG SAWAL, radiopitalokafm.com– Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Ciamis, bersama Yayasan International Animal Rescue indonesia (YIARI), melepas liarkan sepuluh satwa Kukang jawa, di alam bebas Kaki gunung sawal, kamis ( 28/11/ 2019). Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis, Andi Witria Rudianto menjelaskan, 10 Kukang ini hasil penyerahan dari masyarakat, satwa ini sudah dalam kondisi baik dan siap kembali ke alam bebas setelah melewati serangkaian perawatan dan pemulihan, dalam tri wulan terakhir ini pihaknya sudah 19 ekor yang dilepas liarkan.  Andi menambahkan, ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung keberlangsungan proses ekologis di dalam kawasan, serta menjaga dan meningkatkan populasi jenis primata sebagai satwa endemik yang jumlahnya kian minim, dalam program perlindungan dan pelestarian kukang jawa di kawasan konservasi di wilayah Jawa Barat bekerja sama dengan YIAR Indonesia.  

 

 

 

Sementara Robithotul Huda, manajer program IAR Indonesia wilayah Gunung Sawal, mengatakan untuk mengembalikan kukang ke alam liar tidak semudah memburu atau mengambilnya. Pasalnya ada keteria yang ditetapkan, dari kesehatannya, fisik,  medis, dan juga prilaku kukang tersebut.

BANK INDONESIA TERUS TINGKATKAN SINERGI DENGAN PELAKU USAHA UNTUK PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI

Tasikmalaya, radiopitalokafm.com — Dalam rangka pengumpulan data dan informasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya secara rutin melakukan berbagai survei kepada pelaku usaha di Priangan Timur. Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya Sepanjang tahun 2019, telah melakukan 7 jenis survei rutin, yaitu Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Pasar Tradisional, PIHPS Pedagang Besar, PIHPS Produsen, Survei Pemantauan Harga (SPH), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Konsumen (SK), dan Liaison. Informasi dan data dari hasil survei tersebut digunakan oleh Bank Indonesia sebagai salah satu dasar penyusunan kajian analisa perkembangan harga/inflasi dan perkembangan perekonomian/PDRB. Kajian tersebut selanjutnya diolah menjadi salah satu bahan dalam Rapat Evaluasi Ekonomi dan Keuangan Daerah di kantor pusat untuk penentuan kebijakan moneter, seperti penetapan suku bunga acuan BI 7 Days Reverese Repo Rate yang saat ini beradal pada level 5,25%
Sebagai bentuk apresiasi kepada para responden yang telah membantu menyampaikan informasi secara rutin, sejak tahun 2016 Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Temu Responden pada akhir tahun. Tahun ini, kegiatan Temu Responden dilaksanakan dengan konsep yang berbeda, yakni gathering outdoor di Kampung Hawu, Taman Wisata Karang Resik, Kota Tasikmalaya.

SINDANGKASIH. KARENA KESAL, SEORANG AYAH TEGA MENUNUH ANAK TIRINYA

Mapolres Ciamis, radiopitalokafm.com – ADR (23) Dusun Gandasari RT. 11 RW. 13 Desa Gunungcupu, ditetapkan sebagai tersangka karena atas perbuatannya hingga mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang, dan ternyata adalah anak tirinya sendiri. Hal tersebut disampaikan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso dalam Konferensi Pers di Halaman Mapolres Ciamis, didampingi Wakapolres Ciamis, Kompol Lalu Wira Sutriana, Kasat Reskrim, AKP Risqi Akbar, dan Kasubag Humas, Iptu Hj. Iis Yeni Idaningsih, Selasa (22/10/2019).

BANJARSARI. DUEL ADIK KAKAK, BERUJUNG MAOT

Mapolres, Radiopitalokafm.com — Seorang kakak dibunuh adik kandungnya sendiri setelah sebelumnya terlibat adu mulut hingga terjadi perkelahian yang tidak dapat dihindari antara adik dan kakak yang berujung hilangnya nyawa seorang kakak, di Banjarsari. Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, mengatakan perkelahian antara dua saudara kandung yang berujung  meninggalkan sang kakak, AAM bin HM Sofyan (36) warga Dusun Kubangpari, RT 008, RW 006 Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, polisi menetapkan NS yang juga adik korban menjadi tersangka pelaku pembunuhan. Jelas Bismo, tersangka atas nama NS bin HM Sofyan pada Sabtu (14/09/2019) terlibat adu mulut dengan korban hingga terjadi perkelahian yang berujung dengan menghilangnya nyawa korban. “Korban ini tidak terima dinasehati adiknya, karena korban sering menganiaya orang tuanya hingga terjadi perkelahian,” katanya. Berawal dari kecurigaan warga yang melayat ke rumah duka bahwa kematian korban tidak wajar, untuk memastikan kecurigaan itu, Ketua RT setempat, Handoyo Sunarya melaporkannya ke pihak berwajib.

POLRES BANJAR BERIKAN REWARD BAGI MASYARAKAT TERTIB LALULINTAS

Banjar, radiopitalokafm.com – Satuan Lalu Lintas Polres Banjar, Polda Jabar memberukan penghargaan kepada sejumlah pengendara yang dinilai telah berperilaku tertib dan disiplin. Penghargaan tersebut berupa pemberian kartu Brizzi, Tiket Wana Wisata Situmustika, Tiket Nonton di Samudra, Tiket Makan di Cafe, dan Piagam Penghargaan yang ditempel foto pengendara tertib berlalu lintas. Para pengendara tersebut terpilih berdasarkan tertib berkendara menggunakan helm, baik pengendara maupun yang dibonceng. Dan itu tanpa disadari oleh pengendara di foto oleh petugas Satuan Lalu Lintas Polres Banjar. “Bagi yang tertib berlalu lintas, kami berikan hadiah.

BUPATI CIAMIS LANTIK 986 PEJABAT ESELON III DAN IV. LAPORKAN ADA JUAL BELI JABATAN

Pendopo, Radiopitalokafm.com — Dalam mutasi dan rotasi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis tidak ada istilah jual beli jabatan, dan apabila itu terjadi dan ada, itu oknum segera laporkan untuk ditindak tegas. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sebanyaki 986 pejabat eselon III dan IV di Halaman Pendopo Ciamis, Senin (21/10/2019). Dalam sebuah organisasi pemerintahan rotasi, promosi merupakan hal yang biasa dan lazim dilaksanakan, pihaknya telah melakukan rotasi dan mutasi jabatan secara profesional berdasarkan ketentuan dan aturan yang ada. Ujar Bupati. Adapun tujuan dari pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini untuk mengisi kekosongan jabatan administrator, pengawas, dan kepala sekolah serta untuk memenuhi kebutuhan formasi dan pengembangan karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Ciamis.

Bunga Persahabatan di Aksi Demo Buruh dari Polisi

 

BANJAR – radiopitalokafm.com — Jajaran Polres Kota Banjar berikan bunga Tanda Persahabatan kepada Ratusan buruh menggelar unjuk rasa ke kantor Wali Kota Banjar dan DPRD Kota Banjar. Aksi Kepolisian Kota patut di acungi jempol, saat dalam mengawal massa Forum Sokidaritas Buruh Kota Banjar yang demo menolak pasal bermasalah dalam RUU ketenagakerjaan dan RKUHP yang dianggap merugikan kaum buruh. Dalam kesempatan yang sama, nampak ada kejadian unik saat massa menyampaikan aspirasinya di depan kantor Wali Kota Banjar. Tak hanya memgawal dan mengamankan jalannya unjuk rasa, kepolisian Kota Banjar memberikan setangkai bunga mawar kepada para pendemo sebagai tanda persahabatan anatara kepolisian dan pendemo. Kapolres Polres Banjar AKBP Yulian Perdana, yang langsung memimpin pengawalan demo tersebut mengatakan, kami selain mengawal dan mengamankan untuk memberikan rasa aman pada masyarakat Kota Banjar terutama yang saat ini sedang melakukan unjuk rasa.