Masyarakat Labok sedikit Lega, Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, akan atasi Banjir

Print More
wagub UU 02 - Masyarakat Labok sedikit Lega,  Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, akan atasi Banjir

Wagub UU dan ketua DPRD Ciamis tinjau puluhan hektar lahan sawah dan saluran di Lakbok

Lakbok, radiopitalikafm.com -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, bersama Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana, kunjungi persawahan di Desa Sukanegara kec. Lakbok, yang setiap tahun terkena dampak banjir, Sabtu 29/12/2018 kemarin.

Dalam kunjungannya Wakil Gubernur UU, juga bersilahturahmi dengan warga dan kepala desa dan perangkat desa se kecmataan Labok dan Purwodadi. Menurut UU, pemerintah provinsi harus bersinergi berkomunikasi dengan pemerintah daerah, termasuk pemerintahan desa juga masyarakat, dengan demikian program program pemerintah dapat terealisasi dengan tepat. Termasuk usulan usulan dari daerah agar dapat di tindak lanjuti.

wagub UU 03 336x189 - Masyarakat Labok sedikit Lega,  Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, akan atasi Banjir

wagub dan ketua DPRD Ciamis

Dalam kunjungannya, UU meninjau secara langsung puluhan hektar lahan persawahan yang setiap tahun mengalami gagal panen karena kena banjir, selain itu juga meninjau saluran irigasi yang selalu jebol dan berdampak ke pemukiman di sekitar nya, ini disebabkan diantaranya sungai sungai sudah dangkal, dan curat hujan yang tinggi.

“kami melihat ini harus ditangani dengan serius, dengan berkolaburasi dua pemerintah daerah Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, ini menyangkut wilayah yang terdampak berada di wilayah tersebut, juga Pemprov Jawa Barat akan mendorong ke Pemerintah Pusat dalam ini kementrian PUPR, setelah adanya pengajuan dari daerah tentunya, kami harap 2019 proposal sudah masuk dan 2020 sudah dapat di mulai”. Jelas UU.

Sementara Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengatakan persoalan banjir yang dialami masyarakat Labok dan Puwodadi ini, tidak dapat diselesaikan oleh Pemerintah Ciamis saja, pasalnya perbaikan ini harus dilakukan dari hulu, sementara hulu aliran air ini berada di wilayah kabupaten pengandaran.

wagub UU 01 336x251 - Masyarakat Labok sedikit Lega,  Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, akan atasi BanjirTambah Nanang, ada dua opsi dalam penanganan banjir di Lakbok dan Purwodadi ini, satu dengan Sudet diwilayah Kecamatan Purwodadi dari desa Purwajaya sampai Sidarahayu, dan kedua perbaikan Sipon Cilisung.

“sodetan, dan perbaikan Sipon Cilisung percumah,  apabila terusan irigasi di wilayah padaherang tidak di perbaiki, pasalnya air dari irigasi tersebut akan kembali ke sungai Citanduy dan kembali ke sawah ini lagi. Untuk itu kolaburasi dua wilayah kabupaten di perlukan”. Tegas Nanang.

Nanang berharap, dengan secara langsung di tinjau oleh pak UU ini, pemerintah provinsi  jawa barat dapat dengan secepatnya ditangani, pasalnya apabila masalah banjir di desa sukanegara dan sekitarnya ini dapat di atasi, ini sebagai hasil dari penantian yang cukup panjang warga masyarakat diwilayah terdampak banjir tersebut. (Andik ST)

Leave a Reply