KOTA TASIKMALAYA. KEKERINGAN SUDAH MASIF, BERDAMPAK PADA 39 RIBU JIWA

Print More
IMG 20190902 WA0026 1170x658 - KOTA TASIKMALAYA. KEKERINGAN SUDAH MASIF,  BERDAMPAK PADA 39 RIBU JIWA

Kota Tasikmalaya, Radiopitalokadm.com -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan Kekeringan bekepanjangan yang wilayah Kota Tasikmalaya kian hari semakin parah.

Menurutnya, Bencana kekeringan ini terus terjadi.Bahkan, pihaknya telah mengirimkan air bersih sebanyak 1.760.000 liter, hampir 2 juta liter sejak kekeringan melanda Kota Tasik beberapa bulan terakhir ini.

Masih Ucu, hampir 2 juta liter air bersih itu disebar di seluruh kecamatan.Dengan 29 kelurahan yang terdampak di 167 titik, 12.367 Kepala Keluarga (KK) yang kekurangan air bersih dan terdiri dari 39.628 jiwa.

"yang terdampak kekeringan diantaranya Kecamatan Cipedes kelurahan Nagarasari, Sukamanah dan Cipedes yang terdampak kekeringan.Sedangkan di Indihiang di kelurahan Sirnagalih saja. Di Bungursari, kelurahan Sukajaya yang terdampak. Lalu, di Purbaratu Kelurahan Sukajaya dan Singkup, di Cibeureum Kelurahan Margabakti, Setiajaya dan Ciherang.Di Kecamatan Tamansari yang terdampak kekeringan adalah Kelurahan Setiawargi, Mugarsari, Sumelap, Mulyasari, Tamansari, dan Setiamulya. Kemudian di Mangkubumi adalah Cipari, Sambongjaya, dan Mangkubumi.Lalu di Kecamatan Kawalu yang terdapak adalah wilayah Urug, Karanganyar, Cilamajang, Gunung Gede, Gunung Tandala dan Cibeuti.Sedangkan di wilayah perkotaan alias Kecamtan Cihideung kelurahan yang diterjang kekeringan ini adalah Tuguraja dan Tugujaya.“Sedangkan di Tawang yang masih mengalami kekeringan hanya 1 kelurahan yaitu Kahuripan,” jelas Ucu Anwar Senin, 2/9/2019.

Tambah UCU, kekeringan saat ini memang semakin masif. Namun demikian, pihaknya selalu siaga untuk mendistribusikan air bersih ini.

Ucu berharap, pihak manapun yang akan membantu dalam pendistribusian masalah Air Bersih sebaiknya berkordinasi dengan pihaknya, hal itu sesuai Umdang undang No. 24 tahun 2007 tentang kebencanaan, Bab II Prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana, Pasal 3, ayat 2, huruf ( c) koordinasi dan keterpaduan, pasalnya agar bantuan tersebut dapat arah dan sampai pada yang membutuhkan.

"kini pihak swasta pun sudah berkordinasi dengan pihaknya seperti dari pihak perbankan, komunitas, organisasi, atau pengusaha diantarnya pabrik plastik Dollar atau Ko Awun untuk di wilayah Mangkubumi, komunitas kuliner dan Baso Gejrot.dan lainnya “ pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *