JEJE. DUA KEUNTUNGAN KEMBANGAN KOPI PANGANDARAN

Print More
BI 1 1170x658 - JEJE. DUA KEUNTUNGAN KEMBANGAN KOPI PANGANDARAN

Festival Kopi Pangandaran

Pangandaran, radiopitalokafm.com – Dalam mengembangkan perekonomian diwilayah  priangan Timur, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya, bersinergi dengan Pemerintah Kota / Kabupaten di Jawa Barat, salah satunya kabupaten Pengandaran, dengan menggali potensi perekonomian melalui perkopian.

Bank Indonesia dalam pengembangan Perkopian, telah memiliki klaster kopi slah satunya Kopi Cigalontang yang sudah dilirik pasar Nasional maupun Internasional, Kini bank Indonesia melirik Pangandaran untuk dijadikan Klaster Kopi  selanjutnya.

HERU SAPTAJI 1170x658 - JEJE. DUA KEUNTUNGAN KEMBANGAN KOPI PANGANDARAN

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya. Heru Saptaji

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya Heru Saptaji, mengatakan, kopi merupakan komoditas unggulan yang mampu mendongkrak geliat perekonomian masyarakat terutama dipadukan dengan destinasi wisata.

Menurut Heru, pengembangan kopi baik di Tasikmalaya maupun di Pangandaran,  di harapan dapat terus bersaing dan mendunia.

“Kopi di priangan timur, Kopi Pangandaran dan Tasikmalaya pada tahun 2015 masuk 10 Besar.  Ini potensi untuk dikembangkan, maka itu kita terus bersinergi dengan Pemerintah, supaya jadi primadona,” jelas heru usai pembukaan Festifal Kopi Pangandaran ( 26/10/2019) Malam.

JEJE 01 1170x658 - JEJE. DUA KEUNTUNGAN KEMBANGAN KOPI PANGANDARAN

Bupati Panganaran JEJE WIRADINATA

Sementara, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menyambut baik upaya BI mengembangkan klaster kopi di Pangandaran. Menurutnya, hal itu sangat baik mengingat produksi dan lahan kopi di pangandaran memang cukup banyak.

“Kalau Kopi di kembangkan di Pangandaran bisa menjadi dua keuntungan, satu Kopi dengan pasar export dan satu lagi dapat menunjang pasar pariwisata “ Jelas jeje

Kita sambut baik upaya BI untuk pembentukan khaster kopi Pangandaran, ini salah satu potensi yang harus di kembangkan, kedepan kita bisa kerjasama untuk Lahan dengan Perhutani misalnya.

Jelas Jeje, dengan pengembangan kopi di Lahan perhutani, ini dapat mengurangi pencurian kayu dilahan tersebut, pasalnya petani kehutan bukan mencuri tapi panen kopi, untuk kerjasam pengembangan kopi di pangandaran oleh Bank Indonesia ini sangat bagus, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *