BKSDA LEPAS LIARKAN 10 KUKANG HASIL SERAHAN MASYARAKAT

Print More
KUKANG - BKSDA LEPAS LIARKAN 10 KUKANG HASIL SERAHAN MASYARAKAT

GUNUNG SAWAL, radiopitalokafm.com-- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Ciamis, bersama Yayasan International Animal Rescue indonesia (YIARI), melepas liarkan sepuluh satwa Kukang jawa, di alam bebas Kaki gunung sawal, kamis ( 28/11/ 2019).

Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis, Andi Witria Rudianto menjelaskan, 10 Kukang ini hasil penyerahan dari masyarakat, satwa ini sudah dalam kondisi baik dan siap kembali ke alam bebas setelah melewati serangkaian perawatan dan pemulihan, dalam tri wulan terakhir ini pihaknya sudah 19 ekor yang dilepas liarkan.  Andi menambahkan, ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung keberlangsungan proses ekologis di dalam kawasan, serta menjaga dan meningkatkan populasi jenis primata sebagai satwa endemik yang jumlahnya kian minim, dalam program perlindungan dan pelestarian kukang jawa di kawasan konservasi di wilayah Jawa Barat bekerja sama dengan YIAR Indonesia.

Andi Witria Rudianto - BKSDA LEPAS LIARKAN 10 KUKANG HASIL SERAHAN MASYARAKAT

 

 

 

 

Sementara Robithotul Huda, manajer program IAR Indonesia wilayah Gunung Sawal, mengatakan untuk mengembalikan kukang ke alam liar tidak semudah memburu atau mengambilnya. Pasalnya ada keteria yang ditetapkan, dari kesehatannya, fisik,  medis, dan juga prilaku kukang tersebut. Menurut Huda, kukang tersebut adalah hasil penyerahan masyrakat, jadi prlaku saat di pelihara oleh masyarakat ini lah yang di pulihkan dulu sebelum di lepas liarkan.

Robithotul Huda - BKSDA LEPAS LIARKAN 10 KUKANG HASIL SERAHAN MASYARAKAT

Huda menambahkan, saat ini masyarakat sudah peduli terhadap satwa dilindungi, terlihat dari 10 ekor Kukang jawa yang di lepas liarkan di gunung sawal tersebut hasil penyerahan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *